Remot Kontrol untuk Lampu Penerangan

on Minggu, 20 Mei 2012

Untuk tulisan ini saya kopi paste saja dari Jurnal Elektro Ini dia tulisan selengkapnya 
"Sumber daya listrik merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari baik untuk penerangan, barang-barang elektronik. Dengan adanya listrik maka peralatan elektronik seperti lampu dan yang lainnya dapat dioperasikan Namun dalam pengoperasian tersebut terkadang sulit dilakukan seperti menyala hidupkan lampu, membuka tutup pintu gerbang, memati hidupkan pompa air, karena masih dilakukan secara manual. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan cara menerapkan alat yang dapat mengontrol dari jarak jauh dengan mudah yaitu dengan menggunakan remote control. Remote Control adalah suatu alat portable yang dapat digunakan untuk memati hidupkan atau menyambung dan memutuskan aliran listrik dari jarak jauh tanpa menggunakan kabel penghubung. Peralatan remote control menggunakan seperangkat pemancar dan penerima dan menggerakkan suatu relay yang berfungsi sebagai pemutus dan menyambung aliran listrik, sedangkan pemancar dan penerima berfungsi sebagai pengirim dan penerima data signal digital ke infra merah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi remote kontrol pada lampu penerangan dapat menggantikan saklar manual sehingga menjadi lebih efisien dalam proses memati hidupkan lampu dalam rumah Hasil analisis perbandingan antara instalasi penerangan pada rumah tipe 45 dengan menggunakan saklar biasa dan remote control dapat menghemat penggunaan kabel sekitar 51.5 meter. "

Wah kalau begitu perlu kita coba realisasikan. Yuk saya ajak untuk membuat lampu penerangan dengan pengendali remot kontrol ini,. Keren abis...


Karena IC CMOS membutuhkan supplay daya 5 Vdc, maka IC 4017 diberi sumber tegangan trafo dari boster TV 24 Volt yang disearahkan setengah gelombang baru distabilkan dengan zener 5V1. Bisa juga dengan langsung menggunakan catu daya switching Eks HP yang kebetulan pas 5Vdc. Atau ada alternatif lain silahkan dibikin sendiri.....

Layout
Remote Control
Remot kontrol yang digunakan bisa sembarang, semua dapat dioperasikan untuk ON/OFF lampu. Untuk pengoperasiannya tingggal tekan tombol di remote control. Betul-betul keren

Lampu Remote Sudah direvisi KLIK AJA


83 komentar:

Adibin mengatakan...

inovasi tiada henti... hehe
Saya salut pak Guru ku.. ada-ada aja ilmu yang mau dishare :)
Makasih, saya mau coba pak.. xixix

Anonim mengatakan...

skema rangkaian dan daftar komponennya gak ada..?

Anonim mengatakan...

skema daftar komponennya mana?

riobigbassic mengatakan...

pak saya boleh minta alyoutnya ndak,kalo bs kirim ke email saya,riobigcool@gmail.com ,terima kasih

Toufan mengatakan...

bos boleh minta layout sama daftar komponenny,,,?tolong ya dikirim ke email mustofa.2012@ymail.com

iiz mengatakan...

pake trafo y gan?
klo iya bisa gk diganti dengan sistem pangecasan senter yang cuma pake capasior + resistor + 78XX ??

BLOG CINTA mengatakan...

berarti kalau lampu di ruangan ada TV nya lampu nya nyala padam terus pak????
http://homeindijuzzy.blogspot.com

iiz mengatakan...

minta daftar komponenya pak, is1d_bna@yahoo.co.id
oh y jalur b+ setelah in4007 itu kemana? kok putus. trims

kkjhon mengatakan...

salam kenal pak,
saya mau tanya apa saklar remote buatan anda bisa mengontrol lampu DC tegangan 12 volt 5 watt.
kalau bisa saya tunggu infonya di Email : kkjhon3@gmail.com
trims pak......

Anonim mengatakan...

bisa dirincikan lagi disain atau sekema rangkaiannya Pak...disertai dengan daftar komponennya juga...klo bisa stepbystep menyatukan rangkaian dengan lampunya Pak...termikasaih email : durozy@gmail.com

Anonim mengatakan...

Pak, tolong share juga skema rangkaian dan komponennya.
erus, bagaimana kalau ada tv yang menyala?
windar86@gmail.com

Anonim mengatakan...

bisa dirincikan lagi disain atau sekema rangkaiannya Pak...disertai dengan daftar komponennya juga...klo bisa stepbystep menyatukan rangkaian dengan lampunya Pak...termikasaih email : muhammadtarmizi_77@ymail.com

Unknown mengatakan...

bagus banget banget tutorialnya pak. kreatif dan inovatif. pak, bisa minta rincian daftar komponennya pak. kalo bisa tlg dikirimkan ke email ku:
3nda06@gmail.com.

terimakasih banyak informasi dan bantuannya. semoga bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Anonim mengatakan...

wah mantab om... boleh minta layout sama daftar komponennya? kirim ke echo_sudhanianto@yahoo.com
makasih sebelumnya om...

andris mengatakan...

itu sebuah ide yang bagus dan bisa dijadikan bisnis,tapi kok pakai remot tv.lha gimana kalo diruangan itu juga ada tv,kn jadinya lampu ikut mati,saran saya lebih baik menggunakan wireles,dan tiap lampu dengan frekwensi yang berbeda

TPTU SMKN 1 LAMONGAN mengatakan...

super sekali pak...
mintak skema rangkaian n daftar komponennya y pak, tolong dkirim ke email saya novieko079@gmail.com

trima kasih..

Adinda Putri mengatakan...

tolong dong dikasih daftar komponen lengkapnya pak...

Obat Kembali Gadis mengatakan...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Unknown mengatakan...

pak,, boleh minta layout sm dftr komponen ny g ak..
ohya,,, gak pakai power supply ya pak

Rahmat Prihartono mengatakan...

PAK, TOLONG SAYA MINTA DIAGRAM RANGKAIAN, LAYOUT PCB DAN DAFTAR KOMPONENNYA..
SAYA BUTUH BANGET BUAT TUGAS PRAKTEK SAYA.
BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL SAYA
obots_beghenk@yahoo.co.id
terimakasih.

Anonim mengatakan...

Pak bisa tolong minta diagram rangkaian, layout PCB dan daftar komponennnya??
Bisa dikirim ke email :
hendydamara4@yahoo.com

bobo mengatakan...

PAK, TOLONG SAYA MINTA DIAGRAM RANGKAIAN, LAYOUT PCB DAN DAFTAR KOMPONENNYA..

BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL SAYA
nusahadi@gmail.com
terimakasih

Anonim mengatakan...

tolong dishare skema dan daftar komponennya dong pak....ato krm ke kosih79@gmail.com

Unknown mengatakan...

Pak bisa tolong minta diagram rangkaian, layout PCB dan daftar komponennnya, Gini pak saya ingin membuat sebuat remote control power on/of pada sebuah komputer desktop (PC)sebanyak 10, jika kita pencet tombol 1 pada remote PC no 1 akan hidup, jika pencet tombol 1 dengan keadaan PC no 1 hidup PC no 1 akan mati. jika pencet tombol 2 PC no 2 akan hidup, jika pencet tombol 2 dengan keadaan PC no 2 hidup PC no 2 akan mati, sampe seterusnya ..., tpi mennggunakan 1 remote untuk 10 pc, mohon pencerahaannya lok sekalian buatkan diagram rangkain, layout pcb dan daftar komponennya ..., Sebelummnya trimakasih banget, Kirim ke email caboce.net@gmail.com

arrie922 mengatakan...

ini skemanya
http://4.bp.blogspot.com/-lkBMDnh4W3g/UBs20pcoUMI/AAAAAAAAAGc/AjhOejuUneo/s1600/REMOTE_CONTROL_RECEIVER.jpg

Rouzan Fiqri Abdullah mengatakan...

Mantap pak :) bisa minta bahan-bahan yang dibuthkan gak pak. tolong posting pak--

langkah K@ki Tua mengatakan...

Pak, mintatolong share juga skema rangkaian dan daftar komponennya. ke email saya buat uji coba_

buddypn90@gmail.com

Naufal Fakhry mengatakan...

pak saya minta daftar komponennya ya terimakasih

naufalfakhry@gmail.com

Ibnu mengatakan...

saya sudah buat rangkaian tersebut..cuma saya tidak dapat menemukan IR tSOP 1738 nya

bisa di ganti kah ..????

saya coba ganti dgn IR sensor TV .. tapi setelah nyala eehh mati sendiri ... kadang hidup sendiri
mohon masuknnya

char_meleon@yahool.com

Anonim mengatakan...

iki piyye, sing takon uakeh, gak dijawab blass karo sing gawe tulisan.
Yo mbok di balesss.....

Rachmanbobo mengatakan...

ramai...!!! yg bisa jawab silahkan dijawab disini... mohon ijin untuk copypaste project anda ke blog aku bobo-elektro.blogspot.com ku beri nama "lampu remot 4017"

M. NUZULUDDIN mengatakan...

PAK, TOLONG SAYA MINTA DIAGRAM RANGKAIAN, LAYOUT PCB DAN DAFTAR KOMPONENNYA..

BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL SAYA
nuzul.nuzul20@gmail.com
terimakasih

akbar mengatakan...

Kang bisa tolong minta skema rangkaian sama daftar komponennya,,
Bisa Dikirim Ke E-mail saya
taufikakbar15@gmail.com
TERIMAKASIH

Anonim mengatakan...

wah mung tulisan nunutan...

kerjacopypaste mengatakan...

salut pak tolong di share daftar komponennya agar lebih jelas atau kirim ke email dekta.kadek@yahoo.com terima kasih

ian zega mengatakan...

Bolehkah saya minta skema rangkaiannya yg lebih detail lagi, agar lebih paham letak kaki pada masing-masing komponennya..??
Misalnya pada layout-nya biberi langsung keterangan letak kaki positif dan negatif pada masing-masing kaki komponennya..??
Dan juga daftar masing-masing komponennya..??

E-mail saya :: kampret_sin@yahoo.co.id

Terimakasih Pak..

Unknown mengatakan...

Pak minta skema dan daftar komponen lengkapnya, dikirim ke konzlet.stmsa@gmail.com ..ok! Pak

Anas urbaningnung mengatakan...

artikel ini ditulis tgl 20mei 2012
lha, tgl 21mei2012 sudah mulai ada yg berkomentar tanya ini itu, sampai sekarang 08juni2013 kagak ada jawaban sama sekali??? ini kyknya blog kagak niat yah??
atau penulisnya udah kena stroke??

Anonim mengatakan...

pelit

Anonim mengatakan...

percuma ngasih ilmu tanggung ngk jelas,buat apa di pampang,bego..

Anonim mengatakan...

mas daftar komponennya donk sama skema rangkaiannya kirim ke fendie_ajah@yahoo.com

Anonim mengatakan...

Info: IC 4017 adalah tipe CMOS supply daya bisa 5 -12 V dc, kalau IC TTL dengan kode 74xx harus 5V dc.

Anonim mengatakan...

dari alat yang di atas Z sampu kembangkan menjadi handphone sebagai pengontrol lampu..
makasih

ADMIN mengatakan...

Salam Kenal ..
maaf sebelum-nya.
Bang Admin,bisa lebih Specific gak ? soalnya Saya Newbie dalam hal ginian..
Atau gini dech, Tolong kirim Skema /Layout dan Daftar Component Ke "dobolquro@gmail.com"
saya janji,apabila telah terkirim Skema/Layout-nya ke Emailku,pasti Ada Imbalan dari Saya......
Tapi kalau Bang Admin merasa Keberatan,kalau boleh,andai,Saya ingin Membeli barang yang Udah jadi,,berapa Harganya ???
makasih sebelum-nya..N sukses Buat Blog-Nya Yang Mantab Bgt...

Anonim mengatakan...

apa sy bisa pesan yang sdh jadi? brp harganya?
hub email masda00@gmail.com
Mksh

Unknown mengatakan...

mas bro,untuk pin 4 dan 15 IC gunakan R berapa??? tlg direspon lsg ke email j,,,,,, di tunggu. nelsonbebys@gmail.com

Eno mengatakan...

sudi kranya membantu saya untuk membarikan daftar komponennya sertaskema rangkaiannya.kirim ke enoola4@gmail.com trm ksh.

admin mengatakan...

layout ngak beres di rahasiakan kwkwkwkwkwk

Anonim mengatakan...

layout sama skema kog g sama komponen nya

benie cipay mengatakan...

Maaf pak...
kalau boleh saya minta skema rangkaiannya sama daftar nama2 masing-masing komponennya..??

kalau boleh mohon di kirim ke benie8@ymail.com.
terimakasih ya pak

Cara service laptop mengatakan...

kalo pesen minim brp gan? aku mw pesen 2? bolehgk?

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum.
Salam.
Bolehkah saya minta skema rangkaiannya yg lebih detail lagi, agar lebih paham letak kaki pada masing-masing komponennya.
Misalnya pada layout-nya biberi langsung keterangan letak kaki positif dan negatif pada masing-masing kaki komponennya.
Dan juga daftar masing-masing komponennya.
Tolong kirim di E-mail saya : pajokkalibra@yahoo.co.id
Terimakasih Pak..

Unknown mengatakan...

wah mantap ni om...
boleh minta komponen dan rangkaiannya gk..tolong kirimin ya ke riski.wahyudi84@gmail.com...terima kasih

Unknown mengatakan...

pak minta layout sama daftar komponennya ya pak
klo bisa dikirim aja ke email saya : m.zumajaya@gmail.com

Anonim mengatakan...

mas minta layout dan daftar komponennya mohon untuk dikirim ke alamat : ry4nc4hyo@gmail.com

YNI mengatakan...

mas minta layout dan daftar komponennya mohon untuk dikirim ke alamat : yulianinurulinayah@gmail.com

Unknown mengatakan...

pak minta layout sama daftar komponennya ya pak
klo bisa dikirim aja ke email saya : rivo.teja16@gmail.com

Softwares Indonesia mengatakan...

Luar biasa karya anak negeri indonesia, lanjutkan berkarya....

kkjhon mengatakan...

Pak bisa untuk lampu DC dengan power Solar Cell, saya tunggu di kkjhon3@gmail.com

Anonim mengatakan...

TSOP bsa berfungsi utk lampu sensor cahaya spt LDR yg mati kalau kena cahaya matahari.. bsa gk, pak?

Unknown mengatakan...

pak boleh minta layout sama daftar komponenny !
tolong dikirim ke email saya oeloem26@gmail.com trmksih..

putra-purbalingga mengatakan...

wah luar biasa... ada aja nih idenya

HIDAYATUL ANWAR mengatakan...

Wah bagus idenya terima kasih ya, tapi stetelah saya pelajari PCB dan layoutnya, ternyata ada yang kurang yaitu jalur tegangan untuk ICnya tidak ada, tapi bisa saja pakai jamper, tapi agar lebih sempurna bikin jalur teganganya di PCB, biar mantap. terima kasih

Unknown mengatakan...

Harga kitnya brpa gan..??? Hub 083808841646

Anonim mengatakan...

ini email saya pak.. rizki5059@gmail.com

Unknown mengatakan...

bagi yang punya blog ini boleh minta skema rangkaiannya

mohsholehuddin34@gmail.com

Unknown mengatakan...

HOAX... saya berani beli mahal yang ada di gambar jika berfungsi dengan benar. 4017 adalah decade counter. Kalo di trigger acak bisa aja seperti switch. Jika demikian remote IR apapun bisa menjadi trigger. Tombol apapun yang diaktifkan. Tapi tidak dapat menentukan ON dan OFF, semua tombol adalah ON. Artinya lampu ini bisa dinyalakan tapi tidak dapat dimatikan

Unknown mengatakan...

Pakainya remote apa saja

Unknown mengatakan...

Minta daftar komponen nya sama rangkaiannya bos?? Kirim di email ahmad.ikhsan.nafii99@gmail.com
Trimakasih

Unknown mengatakan...

Semua remot bisabisa izaka

Sankarta mengatakan...

Pak bisa tolong minta diagram rangkaian, layout PCB dan daftar komponennnya??
Bisa dikirim ke email : agusprasetyo10@gmail.com

Unknown mengatakan...

tolong daftar komponennya kak, kirim ke emailku : nurrahmanlevin58@gmail.com

Unknown mengatakan...

Mas Minta Layout pcb dan komponennya mas buat tugas sekolah Kirim ke email saya muis7079@gmail.com .terima kasih

Joebae mengatakan...

Mas TSOP 1738 nya bisa di ganti seri lain? Di tempat sya g ad, ad nya 538aa51

Unknown mengatakan...

Berapa duit pak...saya minat

<<-Jinx4pro4ccd->> mengatakan...

Pak, nama komponennya apa aja? Bisa dikirimkan ke email ini :
ryuuki.hidemoto@gmail.com

Unknown mengatakan...

Bubar!!...yg pny blog sudah g ada 4 thn yang lalu..

Jalias Ittox mengatakan...

misi gan.. ini pake mikrokontroler atau tidak??

Unknown mengatakan...

minta daftar komponen boleh kah...??kirim ke fendik030@gmail.com

Unknown mengatakan...

saya udah buat tapi bukan lampunya yg hidup malahan lampu led
nya yg hidup mati itu gimananya pak mohon saran

Anonim mengatakan...

Bisa bos pakai 7805

Unknown mengatakan...

Saya sudah bikin rangkaian ini dan sukses. Power supply saya pakai charger hp. Untuk penerima IR saya pake VS1838 yang banyak di pasaran tinggal mencocokkan kaki kakinya saja, tinggal lihat di alldatasheet.com. lagian harganya lebih murah. Untuk daftar komponen cari saja di gogle, banyak banget. Hasilnya stabil dan ok banget. Untuk relay saya ganti pake triac bt136 dan moc3041.

Unknown mengatakan...

Ngapain pusing-pusing bikin di tokopedia banyak yg jual fitting remot hrg 70rb

Posting Komentar